Sejarah

Program Studi Tadris Bahasa Inggris diusulkan pada tahun 2020. Tahapan yang dilalui dalam proses usulan mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, yakni 1) pendaftaran Prodi untuk mendapatkan akun, 2) login dengan akun yang sudah di daftarkan,3) upload dokumen pendukung dan borang Prodi baru,4) penilaian oleh tim asesor kementrian 5) 6) validasi oleh BAN-PT, 7) Penetapan pemenuhan akreditasi minimum oleh BAN-PT, 8) Kementerian agama mengeluarkanSK izin operasional setelah seluruh pentahapan usul prodi baru dipenuhi oleh tim penyusun borang Tadris Bahasa Inggris FITK IAIN Ambon, pada tanggal 6 Januari 2021 di terbitkanlah SK “Nomor 55 Tahun 2021 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Tadris Bahasa Inggris untuk Program Sarjana pada Institut Agama Islam Negeri Ambon”.

Program Studi Tadris Bahasa Inggris memiliki tujuh dosen tetap(DTPS), duadiantaranya meiliki jabatan fungsional Lektor Kepala, dua Lektor, dan tiga Asisten Ahli. Dosen tetap perguruan tinggi (DTPT) yang mengajar sesuai bidang keahlian pada program Studi Tadris Bahasa Inggrismerupakan lulusan terbaik perguruan tinggi didalam negeri maupun diluar negeri diantaranya yaitu, Prof. Dr, La Jamaa, M.H, Dr. Abidin Wakano, M.Ag, dan Djafar Lessy,Ph.D

Visi, Misi dan Tujuan


Visi

Adapun visi Program Studi Tadris Bahasa inggris adalah sebagai

“Pusat studi pengembangan Tadris Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada 2026 di kawasan Indonesia Timur.”


Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikandan pengajaran Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Tadris Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dalam bidang Tadris Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang Tadris Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.


Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana dalam bidang Tadris Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang Tadris Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.
  3. Menghasilkan pengabdian dalam Tadris Bahasa Ingggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.
  4. Menghasilkan kerjasama dalam bidang Tadris Bahasa Inggris yang mengintergrasikan nilai-nilai keislaman, keilmuan dan teknologi berbasis multikultural pada tahun 2026 di kawasan Indonesia Timur.


Keunggulan

  1. Program studi Tadris Bahasa Inggrismenjadi satu-satunya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di provinsi Maluku yang mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dan keislaman dalam kurikulum yang sejalan dengan Visi dan Misi IAIN Ambon.
  2. Mengingat juga bahwa provinsi Maluku merupakan salah satu provinsi kepulauan di kawasan Timur Negara Republik Indonesia yang berada pada jalur lintas internasional mengakibatkan sektor pariwisata berkembang pesat sehingga tuntutan masyarakat pada institusi akan kebutuhan tenaga Pemandu wisata (tourist guide) untuk para wisatawan dapat terpenuhi.
  3. Kurikulum Prodi Tadris bahasa Inggris disusun untuk membekali para lulusannya tidak hanya kemampuan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan, tapi juga kemampuan menerjemahkan serta kemampuan mengelola Lembaga Pendidikan nonformal (Lembagakursus Bahasa Inggris). Dengan demikian lulusan dapat membuka lapangan kerja untuk mereka sendiri seperti: penerjemah/Interpreter, edupreneur.

Dengan dibukanya program Tadris bahasa Inggris ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan khusus tentang Tadris bahasa Inggris di tingkat Lembaga Pendidikan fomal dan informal.


Prospek

Program Studi Tadris Bahasa Inggris mampu mencetak lulusan yang akan menjadi Praktisi Pendidikan (Pendidik dan Tutor)pada lembaga-lembaga pendidikanformal maupun nonformal, peneliti pemulayangberkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakantugas umum sebagai praktisi pendidik sesuai dengan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Adapun profil utama lulusan Tadris Bahasa Inggris FITK IAIN Ambon adalah sebagai 

  1. Pendidik/Guru, 
  2. Tourist Guide
  3. Asisten Peneliti.

Untuk profil tambahan, lulusan kami mampu menjadi

  1. Enterpreneur
  2. Interpreter.


Kerjasama

Rintisan kerjasama yang digagas olehIAIN Ambon dan UPPS FITKmencakup kerjasama tingkat lokal, nasional dan internasional. Sebagai tindak lanjut untuk kedepan program studi Tadris Bahasa Inggris akan menjalin kerjasama yang telah digagas khususnya dibidang Pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian dan, bidang pengabdian berdasarkanperencencanaan yang dicantumkan pada renstra Program Studi.

Flyer Lihat

Informasi lengkap bisa dilihat di web Prodi